Penguatan Nilai-Nilai Keislaman Melalui Penyelenggaraan Pekan Anak Sholeh pada Kuliah Kerja Nyata di Desa Bagagap
Isi Artikel Utama
Abstrak
Kegiatan Kuliah Kerja Nyata (KKN) bertujuan untuk memberikan kontribusi nyata dalam pengembangan masyarakat, salah satunya melalui penguatan nilai-nilai keislaman. Penyelenggaraan Pekan Anak Sholeh di Desa Bagagap sebagai upaya menguatkan nilai-nilai keislaman pada anak-anak. Kegiatan ini meliputi berbagai lomba seperti lomba azan, tartil putra dan putri, serta mewarnai kaligrafi. Metode yang dilakukan dimulai dengan persiapan dan perencanaan, sosialisasi, pembekalan, pelaksanaan dan evaluasi dengan melibatkan anak-anak desa sebagai peserta utama dan masyarakat setempat sebagai pendukung acara. Hasil kegiatan menunjukkan peningkatan antusiasme dan partisipasi anak-anak dalam memahami dan mengamalkan nilai-nilai keislaman serta meningkatkan rasa percaya diri anak. Lomba azan dan tartil mampu meningkatkan kemampuan dan keberanian anak-anak dalam melaksanakan ibadah, sementara lomba mewarnai kaligrafi menumbuhkan kecintaan mereka terhadap seni Islam. Selain itu, kegiatan ini juga mempererat hubungan sosial antara anak-anak dan masyarakat, serta memberikan pemahaman yang lebih dalam tentang pentingnya pengamalan ajaran Islam dalam kehidupan sehari-hari. Dengan demikian, Pekan Anak Sholeh di Desa Bagagap terbukti efektif dalam memperkuat nilai-nilai keislaman pada anak-anak dan dapat dijadikan model bagi Desa Bagagap untuk menyelenggarakan kegiatan serupa.
Rincian Artikel

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Referensi
Agustin, A., & Soraya, S. Z. (2022). Pemberdayaan Santri melalui Pelatihan Kaligrafi di Pondok Pesantren Darul Huda Mayak Tonatan Ponorogo. Janita?: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(1), 7–15. https://doi.org/10.36563/pengabdian.v2i1.427
Anandita, S. R., Saidah, A., Alyamani, M. A., Clever, E., Wijianti, I., Nashoih, A. K., & Shobirin, M. S. (2023). Festival Anak Sholeh Indonesia Untuk Menciptakan Generasi Muda Yang Religius Dan Berakhlakul Karimah. Keagamaan: Pengabdian Masyarakat, 4(1), 46–49.
Apriadi, D., Nurul Hidayat, Nizhamuddin AB, Ahmatang, & Sudarto. (2022). Kuliah Kerja Nyata: Pengabdian Kepada Masyarakat Melalui Kegiatan Pendampingan Pendidikan. Jurnal Pengabdian Masyarakat Paguntaka, 1(1), 25–30. https://doi.org/10.61457/jumpa.v1i1.2
Ardianti, Takdir, & Syarifuddin. (2023). Pendampingan Mempelajari Al- Qur’an Pada Masyarakat Desa Malimongeng. Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(2), 18–22.
Azisi, A. M. (2020). Islam Nusantara: Corak Keislaman Indonesia dan Perannya dalam Menghadapi Kelompok Puritan. Empirisma: Jurnal Pemikiran Dan Kebudayaan, Vol. 29(2, Juli), 123–136. https://jurnal.iainkediri.ac.id/index.php/empirisma/article/download/2347/1089
Bukhori, I., Fakhrurozi, & Maryunah. (2016). Praktik Moderasi Di Berbagai Daerah (A. Baroya, A. Normalita, & D. Kurniasih (eds.); Vol. 4, Issue 1). Sulur Pustaka.
Faruq Ahmad Futaqi, & Hamida Faza Fadya. (2022). Peningkatan Kreativitas Santri melalui Pembuatan Kaligrafi dan Pelatihan Digital Marketing di Pondok Pesantren “Al-Munjiyah Durisawo” Ponorogo. Amaluna: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(1), 35–44. https://doi.org/10.21154/amaluna.v1i1.775
Folandra, D. (2020). Aktivitas Sosial Keagamaan Santri Yayasan Amal Saleh Air Tawar Barat Kota Padang. Potret Pemikiran, 24(1), 23. https://doi.org/10.30984/pp.v24i1.1045
Huda, N., Mardiana, N., & Imayah, I. (2020). Strategi Pembelajaran bagi Guru di Lembaga Pendidikan Islam Anak Sholeh Pepelegi, Sidoarjo. To Maega?: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 3(2), 111. https://doi.org/10.35914/tomaega.v3i2.407
Irawan, D. R., Ulfah, K., Danibao, M. A., Imanah, N. S., Rahman, S. M., Aprilia, T., Estuningtyas, R. D., Marsal, I., Islam, F. A., Ibnu, U., Jakarta, C., & Karakter, P. (2024). Pendidikan Karakter: Membangun Generasi yang Islami, Kreatif, dan Kompetitif. Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2, 18–26.
Khasanah, U., Safitri, S. D., Aulia, S. K., Pratama, A. C., Fikri, M. I., Gunawan, F., M, F. H., Muyassaroh, F., Kusumawardani, A. R., & Sahnan, A. (2023). Pemberdayaan Masyarakat Melalui Festival Anak Sholeh Dalam Upaya Pendidikan Karakter Anak. Prosiding Kampelmas, 2(1), 55–69.
Luthfi, A., Lubis, M. N., Sari, W. P., Sartika, M., Yusuf, M., Tis’atia, T., Muslihah, M., Hidayah, E. N., Kurniawati, I., Nurusafitri, V., & Syahrian, M. (2022). Peningkatan Nilai Keislaman Pada Anak-Anak Melalui Program Rumah Anak Sholeh Di Kampung Keter Laut. JPPM Kepri Jurnal Pengabdian Dan Pemberdayaan Masyarakat Kepulauan Riau, 2(2), 135–146. https://doi.org/10.35961/jppmkepri.v2i2.512
Markhamatun, N., Hikmatul, M. L., Azhar, F., & Hasan, M. A. (2023). Festival Anak Sholeh sebagai Sarana Penanaman Nilai Religius di. Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(1), 13–19.
Maryani, I., & Noveryal, N. (2019). Penyelenggaraan Festival Anak Sholeh Di Dusun Seropan I, Desa Munthuk, Kecamatan Dlingo. Jurnal Pemberdayaan: Publikasi Hasil Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(2), 131–136. https://doi.org/10.12928/jp.v3i2.595
Nelliraharti, & Suri, M. (2019). Pekan Pendidikan Anak Shaleh Gampong Pukat Mewujudkan Pemimpin Generasi Yang Shaleh Dan Qur’ani. Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(2), 8. http://jurnal.uui.ac.id/index.php/jpkmes/article/view/834%0Ahttps://jurnal.uui.ac.id/index.php/jpkmes/article/viewFile/834/424
Subur, S., Andriany, F., Mustofiah, A., Wahyuningsih, L., Hayati, N., & Karunia, S. D. (2021). Program Pengabdian Masyarakat Terpadu (PPMT): Otomasi Pembukuan dan Pengarsipan Perpustakaan Secara Online dalam Upaya Peningkatan Pemahaman Teknologi dan Informasi. Community Empowerment, 6(2), 175–180. https://doi.org/10.31603/ce.4327
