Penguatan Pendidikan Karakter Religius Pasca Masa Pandemi Covid-19 Di Taman Pendidikan Al-Qur’an Addinul Islam Gambutus Pasca Masa Pandemi Covid-19 Di Taman Pendidikan Al-Qur’an (TPA) Addinul Islam Gambut

Isi Artikel Utama

Luthfia Ayu Karina
Mia Fitria
Setiafitrie Yuniarti
Marlina Marlina
Siti Nur Aisah

Abstrak

Kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini bertujuan untuk menguatkan kembali pendidikan karakter religius pada Taman Pendidikan Al-Qur’an (TPA) Addinul Islam yang sebelumnya berhenti beroperasi sejak kemunculan pandemi  Covid-19 yang berlangsung pada awal tahun 2019 hingga pada tahun 2022 dan dibuka kembali setelah pemerintah mulai menetapkan pelonggaran dari pembatasan kehidupan sosial sebelumnya. Kegiatan ini dilaksanakan dalam bentuk penerapan nilai yang menjadi dasar penanaman religius, yaitu menciptakan budaya religius (karakter religius) yang bersifat vertikal melalui kegiatan peningkatkan hubungan dengan Allah SWT baik secara kualitas atau kuantitasnya dan yang bersifat horizontal yaitu dengan menciptakan hubungan antar sosial yang baik. Hasil akhir dari kegiatan ini merupakan bentuk dukungan, pembekalan dan pendampingan untuk optimalisasi kegiatan sosial, pendidikan dan keagamaan sebagai penguatan kembali kesadaran siswa dan siswi terkait pentingnya karakter religius pasca TPA dibuka kembali. Hal ini penting khususnya bagi santri karena pendidikan karakter perlu dilakukan sejak dini sebagai dasar kecakapan hidup yang sangat penting untuk sehari-hari dan di masa yang akan datang.

Rincian Artikel

Cara Mengutip
Karina, L. A., Fitria, M., Yuniarti, S., Marlina, M., & Aisah, S. N. (2024). Penguatan Pendidikan Karakter Religius Pasca Masa Pandemi Covid-19 Di Taman Pendidikan Al-Qur’an Addinul Islam Gambutus Pasca Masa Pandemi Covid-19 Di Taman Pendidikan Al-Qur’an (TPA) Addinul Islam Gambut. Kayuh Baimbai: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(1), 19-23. https://doi.org/10.69959/kbjpm.v1i1.5
Bagian
Articles

Referensi

Alfiyah, N., & Wahyuni, A. (2022, June). Strengthening Religious Character During the Covid-19 Pandemic Class III Elementary School. Academia Open, 6, 6-12. doi:https://dx.doi.org/10.21070/acopen.6.2022.2189

Aliwar. (2016). Penguatan Model Pembelajaran Baca Tulis Al-Qur'an dan Manajemen Pengelolaan Organisasi TPA. Jurnal Al-Ta'dib, 9(1), 21-37. doi:https://doi.org/10.21070/acopen.6.2022.2189

Andriani, S., Arofah, L., & Ariyanto, R. D. (2021). Karakter Religius: Sebuah Tantangan Dalam Menciptakan Media Pendidikan Karakter. Pasuruan: CV. Penerbit Qiara Media.

Arifin, F., Bahri, A. J., Nurdin, A., & Mardiansyah, Y. (2024). Pembiasaan Ritualitas Keagamaan dalam Pembentukan dan Pengembangan Karakter Anak di Desa Budiharja Kabupaten Bandung Barat. Proceeding UIN Sunan Gunung Djati Bandung (pp. 83-94). Bandung: LPPM UIN Sunan Gunung Djati.

Handoko, A. H., Khaer, M., Bulan, A. S., Hikmah, N., & Wahyuni, I. (2022). Meningkatkan Nilai Religius Pada Anak-Anak Melalui Kegiatan Keagamaan Di Desa Lawekara. Insaniyah Jurnal Pengabdian pada Masyarakat, 2(1), 1-10. doi:http://dx.doi.org/10.31332/insaniyah.v1i2.5809

Hatapayo, S. H., Dina, L. N., & Cahyanto, B. (2023). Pembentukan Karakter Religius Siswa Melalui Tahfidzul Qur'an Di MIN 4 Maluku Tengah. JPMI : Jurnal Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah, 1-11.

Mundziriy, Z. A., Darmanto, Sumarno, & Bermi, W. (2023). Peran Penting Taman Pendidikan Al-Qur'an (TPA) dalam Memperkuar Pendidikan Karakter Religius Anak Usia Dini. Journal Al-Maun : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 13-19.

Sapuroh, S. (2022). Pembentukan Karakter Religius Melalui Pembiasaan Shalat Dzuhur Berjamaah Di SMP Negeri 9 Rejang Lebong. GUAU : Jurnal Pendidikan Profesi Guru Agama Islam, 323-333.

Sari, A. M., Hidayah, O. N., Khotimah, S., Prayitno, H. J., 'Ulya, N. K., & Nugroho, S. (2022). Penerapan Pembelajaran Berbasis Agama untuk Membentuk Karakter Religius Anak Sejak Dini di TPA. Jurnal Buletin KKN Pendidikan, 36-48. doi:https://doi.org/10.23917/bkkndik.v4i1.19179

Wahyudin, A., & Hayumi. (2023). Pendidikan Karakter Melalui Pembiasaan Shalat Dzuhur Berjamaah Bagi Peserta Didik Madrasah Aliyah Nurul Hidayah Bojonegara. DESANTA (Indonesian of Interdisciplinary Journal), 3(1), 268-273.

Yuliza , U., Lestari , S., Yapandi , & Rianawati. (2021). Dampak Pendemi Covi-D 19 Terhadap Pelaksanaan Pembelajaran Baca Tulis Al-Quran Di Taman Pendidikan Al Qur'an (TPQ) Kecamatan Sanggau Ledo. Arfannur: Journal of Islamic Education, 2(2), 105-118. doi:https://doi.org/10.24260/arfannur.v2i2.347