P Penyuluhan dan Pelatihan Peranan Orang Tua dalam Mendidik Anak di Desa Kiram pada Masa Pandemi COVID-19 Counseling and Training on the Role of Parents in Educating Children in Kiram Village During the COVID-19 Pandemic

Isi Artikel Utama

Jarkawi Jarkawi
Muhammad Yuliansyah
Kasypul Anwar

Abstrak

Pandemi COVID-19 mempunyai dampak di seluruh sektor kehidupan yang salah satunya adalah sektor pendidikan. Proses pembelajaran yang biasanya dilaksanakan di kelas menjadi dilaksanakan di rumah dengan tujuan untuk dapat mencegah dan mengurangi penyebaran virus COVID-19 di lingkungan pendidikan. Orang tua di desa Kiram kebanyakan berusaha tambak ikan yang dalam pengelolaannya melibatkan anak terutama ketika memasuki masa panen ikan. Sehingga pada masa pandemi COVID-19, anak terkadang tidak mengikuti proses pembelajaran ataupun belajar di rumah. Akibatnya adalah anak menjadi ketinggalan materi pembelajaran yang berefek pada prestasi belajar anak. Kurangnya kesadaran akan pentingnya peranan orang tua terhadap proses pembelajaran yang dilakukan oleh anak memberikan dampak yang kurang baik terhadap prestasi belajar anak. Salah satu upaya yang dilakukan untuk memberikan pengetahuan dan pemahaman terhadap peran orang tua dalam mendidik anak adalah memberikan penyuluhan dan pelatihan terhadap peranan orang tua dalam mendidik anak di rumah terutama pada masa pandemi COVID-19 melalui pendekatan psiko edukasi dengan metode ceramah, tanya jawab, diskusi, pelatihan keterampilan dan pemecahan masalah. Media yang digunakan berupa kartu masalah dan kartu pemecahan masalah, Hasil penyuluhan dan pelatihan menunjukkan adanya peningkatan pengetahuan dan perubahan persepsi orang tua dalam mendidik anak belajar di rumah terutama pada masa pandemi COVID-19.

Rincian Artikel

Cara Mengutip
Jarkawi, J., Yuliansyah, M., & Anwar, K. (2024). P Penyuluhan dan Pelatihan Peranan Orang Tua dalam Mendidik Anak di Desa Kiram pada Masa Pandemi COVID-19: Counseling and Training on the Role of Parents in Educating Children in Kiram Village During the COVID-19 Pandemic. Kayuh Baimbai: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(3), 63-68. https://doi.org/10.69959/kbjpm.v1i3.50
Bagian
Articles

Referensi

Adit, A. (2020, Desember 08). Selama Pandemi, Ini Kebijakan dan Program yang Dibuat Kemendikbud. Retrieved from Kompas.com: https://www.kompas.com/edu/read/2020/12/08/140127371/selama-pandemi-ini-kebijakan-dan-program-yang-dibuat-kemendikbud?page=all

Amaliyah, S. (2021). Konsep Pendidikan Keluarga Menurut Ki Hadjar Dewantara. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(1), 1766-1770. Retrieved from https://jptam.org/index.php/jptam/article/download/1171/1050/2345

Batmanlusy, D. E., Mawardi, & Wasitohadi. (2024). Pengembangan Modul Pelatihan Bagi Orang Tua Dalam Pendampingan Belajar Siswa Dari Rumah Pascapandemi COVID-19. Kelola Jurnal Manajemen Pendidikan, 32-45.

https://doi.org/10.24246/j.jk.2024.v11.i1.p32-45

Desa Kiram. (2024, 09 20). Profil Wilayah Desa. Retrieved from Pemerintah Desa Kiram: https://desa-kiram.com/profil-desa/profil-wilayah-desa

Kadir, A. (2008). Dasar Dasar Pendidikan. Jakarta: Prenadamedia Gorup.

Kurniati, E., Alfaeni, D., & Andriani, F. (2021). Analisis Peran Orang Tua dalam Mendampingi Anak di Masa Pandemi COVID-19. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 241-256. doi:https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.541

https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.541

Martunis, Bariah, K., & Husen, M. (2017). Pengaruh Media Kartu dalam Layanan Konseling Kelompok untuk Pengentasan Masalah Siswa. Proceeding Seminar dan Lokakarya Nasional Revitalisasi Laboratorium dan Jurnal Ilmiah dalam Implementasi Kurikulum Bimbingan dan Konseling Berbasis KKNI (pp. 110 - 121). Malang: Universitas Negeri Malang. Retrieved from https://journal2.um.ac.id/index.php/sembk/article/download/1275/649

Nurfaidah, & Irfan. (2021, Desember). Peran Orang Tua dalam Pendidikan Anak di Masa Pandemi COVID 19 (Studi di Desa Sai Kecamtan Soromandi Kabupaten Bima). EduSociata: Jurnal Pendidikan Sosiologi, 4(2), 47-54. Retrieved from https://jurnal.stkipbima.ac.id/index.php/ES/article/download/660/415/

https://doi.org/10.33627/es.v4i2.660

Schunk, D. H. (2012). Learning Theories an Educational Perspective Sixth Edition. Boston: Pearson. Retrieved from https://spada.uns.ac.id/pluginfile.php/822215/mod_resource/content/1/EBOOK-2012-Learning%20Theories%20An%20Educational%20Perspective%2C%206th%20Edition%20by%20Dale%20H.%20Schunk%20%28z-lib.org%29%20v.pdf

Siddiqi, H., Sudirman, & Turmuzi, M. (2021, Desember). Strategi Orang Tua Membimbing Anak Belajar Dari Rumah Pada Masa Pandemi COVID-19. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 6(4), 638-643. doi:https://doi.org/10.29303/jipp.v6i4.311

https://doi.org/10.29303/jipp.v6i4.311

Sukarli. (2019, November 4). Kiram Park, tahura yang percantik diri hasil polesan "Paman Birin". Retrieved from Antara: https://www.antaranews.com/berita/1145106/kiram-park-tahura-yang-percantik-diri-hasil-polesan-paman-birin#mobile-src

Ummariah, S., Sofiarini, A., Yuneti, A., & Charli, L. (2022). Analisis Peran Orang Tua Dalam Mendampingi Siswa Di Rumah Pada Masa Pandemi COVID-19 Kelas V SD Negeri 2 Marga Sakti. Linggau Journal Science Education, 50-60.

Wulandari, L. (2021). Pembelajaran Daring di Masa Pandemi COVID-19 terhadap Keberhasilan Belajar. Wawasan Pendidikan, 135-139.

https://doi.org/10.26877/wp.v1i2.8656