Peran Aplikasi Photomath terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika

Isi Artikel Utama

Mut Imaniyah
Aulia Natasya
Ahsya Qhyla Ditya Putri
Ulfah Hernaeny

Abstrak

Penerapan teknologi dalam pendidikan semakin berkembang pesat, khususnya dalam pembelajaran matematika. Salah satu aplikasi yang banyak digunakan adalah Photomath, yang membantu siswa dalam menyelesaikan soal matematika dengan memberikan langkah-langkah solusi. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis peran aplikasi Photomath terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika. Metode penelitian menggunakan library research (penelitian Pustaka) untuk menganalisis peran aplikasi photomath terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan Photomath dapat meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematika secara signifikan. Namun, aplikasi ini juga memiliki kelemahan, seperti potensi ketergantungan siswa terhadap teknologi dan berkurangnya keterampilan berpikir analitis. Penelitian ini menyimpulkan bahwa Photomath efektif sebagai alat bantu pembelajaran, namun perlu diimbangi dengan pendekatan pengajaran lain untuk memastikan pemahaman yang mendalam. Pengembangan fitur tambahan yang dapat membantu penyelesaian soal grafik dan peningkatan fungsi offline aplikasi diharapkan dapat mendukung penggunaannya dalam pembelajaran matematika secara lebih komprehensif.

Rincian Artikel

Cara Mengutip
Imaniyah, M., Natasya, A., Putri, A. Q. D., & Hernaeny, U. (2025). Peran Aplikasi Photomath terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika. Nusantara Journal of Education and Social Science, 2(2), 72-78. https://doi.org/10.69959/nujess.v2i2.103
Bagian
Artikel
Biografi Penulis

Mut Imaniyah, Universitas Indraprasta PGRI

Jl. Raya Tengah N0.80 Kel. Gedong, Kec. Ps. Rebo - Jakarta Timur

Aulia Natasya, Universitas Indraprasta PGRI

Jl. Raya Tengah N0.80 Kel. Gedong, Kec. Ps. Rebo - Jakarta Timur

Ahsya Qhyla Ditya Putri, Universitas Indraprasta PGRI

Jl. Raya Tengah N0.80 Kel. Gedong, Kec. Ps. Rebo - Jakarta Timur

Ulfah Hernaeny, Universitas Indraprasta PGRI

Jl. Raya Tengah N0.80 Kel. Gedong, Kec. Ps. Rebo - Jakarta Timur

Referensi

Ahmad, F. B., Aboraya, W., & Al Hamouri, L. (2025). The Effect of Interactive AI Tools Like Photomath on Developing Mathematical Concepts in Students with Learning Difficulties: A Quasi-Experimental Study. Multidisciplinary Science Journal, 7(11), 2025546. https://doi.org/10.31893/multiscience.2025546

Aisyah, N., & Yahfizham, Y. (2024). Studi Literatur: Analisis Kemampuan Berfikir Komputasi Menggunakan Software Matematika Photomath Tingkat SMA. Jurnal Arjuna: Publikasi Ilmu Pendidikan, Bahasa Dan Matematika, 2(3), 147–155. https://doi.org/10.61132/arjuna.v2i3.829

Akbar, A., Herman, T., Suryadi, D., Mursalim, ., Alman, ., Putra, E. D., & Blegur, J. (2025). Integrating Augmented Reality in Mathematics Learning to Improve Critical Thinking Skills of Elementary School Students. Emerging Science Journal, 9(2), 764–779. https://doi.org/10.28991/ESJ-2025-09-02-014

Alfianti, S., Fakhrudin, F., & Rafianti, I. (2025). Efektivitas Penggunaan Aplikasi Photomath terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa SMA. Wilangan: Jurnal Inovasi Dan Riset Pendidikan Matematika, 6(2), 107–114.

Aminullah, A., & Irwansya, I. (2024). Analisis Efektivitas Penggunaan Teknologi dalam Pembelajaran Matematika. JagoMIPA: Jurnal Pendidikan Matematika Dan IPA, 4(4), 678–687.

Anggo, M. (2011). Pelibatan Metakognisi dalam Pemecahan Masalah Matematika. Edumatica: Jurnal Pendidikan Matematika, 1(1), 25–32.

Baral, S., Botelho, A., Santhanam, A., Gurung, A., Cheng, L., & Heffernan, N. (2023). Auto-Scoring Student Responses with Images in Mathematics. The Proceedings of the 16th International Conference on Educational Data Mining. https://par.nsf.gov/biblio/10469240

Damayani, S., & Yahfizham, Y. (2024). Systematic Literature Review: Pemanfaatan Aplikasi Photomath sebagai Media Belajar Matematika. Bilangan: Jurnal Ilmiah Matematika, Kebumian Dan Angkasa, 2(3), 46–52.

Davita, P. W. C., & Pujiastuti, H. (2020). Anallisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Ditinjau dari Gender. Kreano, Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif, 11(1), 110–117. https://doi.org/10.15294/kreano.v11i1.23601

Derianto, D. (2023). Peningkatan Hasil Belajar Siswa pada Materi Fungsi dengan Menggunakan Aplikasi Photomath di Kelas X SMA Negeri 1 Montasik Aceh Besar [Undergraduate thesis]. Universitas Bina Bangsa Getsempena.

Dewi, I. W. D. P., & Handayani, I. G. A. (2022). Peranan Aplikasi Photomath dalam Pembelajaran Matematika di Era Literasi Digital (Kajian Pustaka). Suluh Pendidikan, 20(1), 94–101.

Ersozlu, Z. (2024). The Role of Technology in Reducing Mathematics Anxiety in Primary School Students. Contemporary Educational Technology, 16(3), ep517. https://doi.org/10.30935/cedtech/14717

Farwati, M., Salsabila, I. T., Navira, K. R., & Sutabri, T. (2023). Analisa Pengaruh Teknologi Artificial Intelligence (AI) dalam Kehidupan Sehari-hari. Jursima (Jurnal Sistem Informasi & Manajemen), 11(1), 39–45.

Hajri, M. F. (2023). Pendidikan Islam di Era Digital: Tantangan dan Peluang pada Abad 21. Al-Mikraj Jurnal Studi Islam Dan Humaniora, 4(1), 33–41.

Hasanein, A. M., & Sobaih, A. E. E. (2023). Drivers and Consequences of ChatGPT Use in Higher Education: Key Stakeholder Perspectives. European Journal of Investigation in Health, Psychology and Education, 13(11), 2599–2614.

Henkel, O., Horne-Robinson, H., Kozhakhmetova, N., & Lee, A. (2024). Effective and Scalable Math Support: Evidence on the Impact of an AI- Tutor on Math Achievement in Ghana (Version 2). arXiv. https://doi.org/10.48550/ARXIV.2402.09809

Hotimah, H., & Warih, P. D. (2025). Efektivitas Penggunaan Aplikasi Photomath untuk Meningkatkan Pemahaman Siswa Kelas VIII pada Materi SPLDV di SMPN 3 Sumberasih Satu Atap. Jurnal Karya Pendidikan Matematika, 12(1), 29–40.

Humayra, L. & Yahfizham. (2024). Analisis Kecerdasan Logika Matematika Siswa Kelas XI SMA Harapan 15 dalam Penggunaan Aplikasi Photomath. LANCAH: Jurnal Inovasi Dan Tren, 2(2), 516–521. https://doi.org/10.35870/ljit.v2i2.2765

Lestari, S. A. P., Kusumaningrum, D. S., Nurapriani, F., & Rahmat, R. (2024). Penggunaan Aplikasi Matematika Interaktif dalam Proses Pembelajaran bagi Siswa SMP. SELAPARANG: Jurnal Pengabdian Masyarakat Berkemajuan, 8(2), 1507–1514.

Maulani, A., Hayati, S. S. N., & Surati, A. (2021). Pembelajaran Operasi dan Bentuk Aljabar Matematika Dengan Photomath di SMP Negeri 1 TERAS. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat (JPKM)–Aphelion, 2(1), 22–28.

Muslimah, A., Ramadannia, C., Fitri, A., Dzakiroh, F., & Kusuma, J. W. (2023). Penerapan Pemanfaatan Multimedia pada Aplikasi Photomath dalam Pembelajaran Trigonometri Kelas XI MIPA V di SMAN 3 Cilegon. Indonesian Journal of Thousand Literacies, 1(3), 289–296.

Muzammil, A. R., Mariyadi, M., Asfar, D. A., Shidqi, M. Z., Astama, R. A. E., Muhammad, R. D., & Mahadi, C. A. (2023). Persepsi Mahasiswa S-1 Terhadap Pemanfaatan Photomath dalam Pemecahan Persoalan Matematika. Didaktika: Jurnal Kependidikan, 12(4), 761–772.

Oktaviani, R. D., Ilmiah, T., Sholihah, N., Apriliyani, R., & Fauzi, I. (2022). Pemanfaatan Aplikasi Photomath sebagai Media Pemecahan Masalah Matematis. RANGE: Jurnal Pendidikan Matematika, 4(1), 40–54.

Polya, G. (1973). How to Solve It: A New Aspect of Mathematical Method (2nd ed.). Princeton University Press.

Rahmah, F., & Yahfizam, Y. (2025). Pemanfaatan Aplikasi Mathsolver sebagai Media Belajar Matematika. Pentagon?: Jurnal Matematika Dan Ilmu Pengetahuan Alam, 3(2), 127–132. https://doi.org/10.62383/pentagon.v3i2.547

Rifa’i, M., & Yahfizham, Y. (2024). Penggunaan Aplikasi Photomath pada Pembelajaran Matematika: Systematic Literature Review. LANCAH: Jurnal Inovasi Dan Tren, 2(2), 587–590. https://doi.org/10.35870/ljit.v2i2.2798

Rotinsulu, D. Z., & Listiani, T. (2023). Peran Guru dalam Meminimalisir Penggunaan Aplikasi Instan PhotoMath di Kelas Matematika. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 5(5), 1864–1876.

Sholeha, W. J. (2024). Persepsi Mahasiswa Pendidikan Matematika terhadap Manfaat Aplikasi Photomath dalam Menyelesaikan Persoalan Matematika. Koordinat Jurnal MIPA, 5(2), 69–78.

Sibuea, M. F. L., Sembiring, M. A., & Agus, R. T. A. (2022). Workshop Penggunaan Media Belajar Berbasis Aplikasi Matematika. Jurnal Pemberdayaan Sosial Dan Teknologi Masyarakat, 2(2), 251–255.

Sibuea, M. F. L., Sembiring, M. A., Lubis, I. A., & Agus, R. T. A. (2022). Pemanfaatan Aplikasi Photomath sebagai Media Belajar Matematika. Jurnal Pemberdayaan Sosial Dan Teknologi Masyarakat, 2(1), 109–115.

Wulandari, T., & Yahfizam, Y. (2024). Pemanfaatan Aplikasi Photomath pada Pembelajaran Matematika: Systematic Literature Review. Journal of Multidisciplinary Inquiry in Science, Technology and Educational Research, 1(3), 332–339.

Yuniarti, D. A. F., Kartika, D. L., & Prianggono, A. (2022). Analisis Minat dan Motivasi Belajar Mahasiswa Teknik Informatika pada Mata Kuliah Matematika. JPMI (Jurnal Pendidikan Matematika Indonesia), 7(1), 47.

Zahra, F., & Yahfizham, Y. (2024). Systematic Literature Review: Memanfaatkan Aplikasi Photomath sebagai Media Belajar untuk Meningkatkan Kemampuan Komputasi Siswa. Bilangan: Jurnal Ilmiah Matematika, Kebumian Dan Angkasa, 2(3), 26–32.

Zain, I. N. M., Setambah, M. A. B., Othman, M. S., & Hanapi, M. H. M. (2023). Use of Photomath Applications in Helping Improving Students’ Mathematical (Algebra) Achievement. European Journal of Education and Pedagogy, 4(2), 85–87. https://doi.org/10.24018/ejedu.2023.4.2.601