Tinjauan Literatur: Penggunaan Media Pembelajaran Berbasis Website Wordwall untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Peserta Didik

Isi Artikel Utama

Syubhan Annur
Muhammad Fuad Sya’ban
Syahidah Syahidah
Maulidia Maulidia
julianti julianti

Abstrak

This research discusses the use of Wordwall website-based learning media to increase students' learning motivation. Based on a literature review, Wordwall, with its interactive features, has proven to be effective in increasing student learning motivation in various subjects and levels of education. This research analyzes various studies that show increased student motivation and engagement after using Wordwall, and discusses the potential of Wordwall as an interactive, flexible and effective learning medium for increasing student motivation, engagement and learning outcomes at various educational levels and in various subjects. This research concludes that Wordwall is an interactive, flexible and effective learning media that increases student motivation, engagement and learning outcomes at various levels of education and in various subjects.

Rincian Artikel

Cara Mengutip
Annur, S., Sya’ban, M. F., Syahidah, S., Maulidia, M., & julianti, julianti. (2025). Tinjauan Literatur: Penggunaan Media Pembelajaran Berbasis Website Wordwall untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Peserta Didik. Nusantara Journal of Education and Social Science, 2(2), 54-62. https://doi.org/10.69959/nujess.v2i2.108
Bagian
Artikel
Biografi Penulis

Syubhan Annur, Universitas Lambung Mangkurat

Kalimantan Selatan, Banjarmasin, 70123

Muhammad Fuad Sya’ban, Universitas Lambung Mangkurat

Kalimantan Selatan, Banjarmasin, 70123

Syahidah Syahidah, Universitas Lambung Mangkurat

Kalimantan Selatan, Banjarmasin, 70123

Maulidia Maulidia, Universitas Lambung Mangkurat

Kalimantan Selatan, Banjarmasin, 70123

julianti julianti, Universitas Lambung Mangkurat

Kalimantan Selatan, Banjarmasin, 70123

Referensi

Agustin., & Zuhdi, U. (2021) Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Menggunakan Articulate Storyline 3 Pada Materi Sifat Dan Perubahan Wujud Benda Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas V SD. Jurnal Penelitian Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 9(8), 1-9.

Aidah, N., & Nurafni, N. (2022). Analisis Penggunaan Aplikasi Wordwall Pada Pembelajaran IPA Kelas IV di Sdn Ciracas 05 Pagi. Pionir : Jurnal Pendidikan , 11(2).

Aini, A. N., & Rulviana, V. (2023). Upaya Meningkatkan Motivasi Belajar dan Pemahaman Konsep IPS Siswa Melalui Media Game Interaktif Wordwall. Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 8(1), 1038-1049.

Aini, N. and Asror, M. (2022) Implementasi Penguatan Guruan Karakter Di Masa Pembelajaran Jarak Jauh (Pjj) Pada Jenjang SD/MI, Jurnal Review Guruan Dasar : Jurnal Kajian Guruan Dan Hasil Penelitian, 8(1), pp. 16-24.

Annur, S., Rusilowati, A., Suprijadi, S., & Sumarni, W. (2022, September). Pengajaran IPA, Pendekatan STEM dan Kearifan lokal dalam mitigasi bencana: Sebuah studi review tahun 2011-2019. In Prosiding Seminar Nasional Pascasarjana (Vol. 5, No. 1, pp. 1075-1080).

Alisa, W. N., Jusniar & Ahmad, A. (2024). Penerapan Media Pembelajaran Berbasis Game Education Wordwall Terhadap Peningkatan Motivasi Belajar IPA Kelas VIII : Jurnal Pemikiran Dan Pengembangan Pembelajaran, 6(2), 350-354.

Aprilia, W., Jamhuri, M., Yusuf, A., & Hadi, M. N. (2023). Penerapan Media Web Wordwall Untuk Meningkatkan Motivasi Dan Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam Di SMA Ma’arif NU Pandaan. Risalah : Jurnal Pendidikan dan Studi Islam, 9(4), 1441-1448.

Aprillia, M. et al. (2023). Penggunaan Video Animasi Powtoon Untuk Menteladani SHATAFAT (sidiq, amanah, tabligh, fathonah) Bagi Peserta didik SD : Jurnal Guruan dan Teknologi Indonesia, 3(4), pp. 141-149.

Ardila, I., Nuryasin, M. J., Cahya, N., Nida, N. A., Ashilah, H., & Afrizal, S. (2023). Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Melalui Media Pembelajaran Wordwall Di SMA Negeri 1 Ciruas. Innovative: Journal Of Social Science Research, 3(6), 7237-7248.

Arimbawa, I. G. P. A. (2021). Penerapan word wall game quis berpadukan classroom untuk meningkatkan motivasi dan prestasi belajar biologi : Indonesian Journal of Educational Development (IJED), 2(2), 324-332.

Azizah, H. N. (2020). Peningkatan Penguasaan Kosakata Bahasa Arab Melalui Penggunaan Media Word Wall. Alsuniyat : Jurnal Penelitian Sastra, Bahasa, Budaya Arab. 1(1), 1–16.

Bachry, H., Yuwono, J., & Utami, Y. T. (2018). Penggunaan Media Word Wall untuk Meningkatkan Kemampuan Menulis Tegak Bersambung (Studi Single Subject Research pada Siswa Tunarungu Kelas III di SKh Negeri 02 Kota Serang Banten). Jurnal UNIK Pendidikan Luar Biasa, 3(1).

Baig, M. I., Shuib, L., & Yadegaridehkordi, E. (2020). Big data in education: a state of the art,limitations, and future research directions : International Journal of Educational Technology inHigher Education, 17(1), 1–23

Gandasari, P., & Pramudiani, P. (2021). Pengaruh Aplikasi Wordwall Terhadap Motivasi Belajar Ipa Peserta didik Di Sekolah Dasar Edukatif?: Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(6),3689–3696.

Geertshuis, S., & Liu, Q. (2022). The challenges we face: A professional identity analysis of learning technology implementation. Innovations in Education and Teaching International, 59(2), 205–215.

Herta, N., Nupus, B. C., Sanggarwati, R., & Setiawan, T. Y. (2023, August). Pemanfaatan Aplikasi Game Wordwall dalam Pembelajaran untuk Menumbuhkan Minat Belajar Siswa Sekolah Dasar. In Seminar Nasional Paedagoria (Vol. 3, pp. 527-532).

Hidayat, M., & Patmanthara, S. (2024). Meningkatkan Motivasi Belajar Kelompok Dengan Media Word Wall Mata Pelajaran Informatika Kelas X : Jurnal Pembelajaran, Bimbingan, dan Pengelolaan Pendidikan, 4(8), 12-12.

Ifenthaler, D., Hofhues, S., Egloffstein, M., & Helbig, C. (2021). Digital transformation of learning organizations : Springer Nature

Irawan, A. I., Aliyah, N. D., & Darmawan, D. (2024). Pengaruh Lingkungan Keluarga, Kemandirian Belajar, dan Media Belajar Terhadap Motivasi Belajar Peserta didik di MI Babussalam Krian Sidoarj : Journal on Education, 6(3), 16220-16233.

Khansulivong, C., Wicha, S., & Temdee, P. (2022). Adaptive of New Technology for AgricultureOnline Learning by Metaverse: A Case Study in Faculty of Agriculture, National University of Laos. 2022 Joint International Conference on Digital Arts, Media and Technology with ECTI NorthernSection Conference on Electrical, Electronics, Computer and Telecommunications Engineering (ECTIDAMT & NCON), 428–432.

Lai'Mandi, W., Kurniawati, I. Y., Ilyas, M., & Sarniaty, S. (2023, December). Analisis Penggunaan Media Pembelajaran Wordwall Pada Pembelajaran IPA. In Prosiding Seminar Nasional PPG Universitas Mulawarman (Vol. 4, pp. 34-41).

Lestari, R. D. (2021). Upaya meningkatkan motivasi belajar peserta didik dalam pembelajaran daring melalui media game edukasi wordwall di kelas IV sdn 01 Tanahbaya Tahun Pelajaran 2020/2021. Jurnal ilmiah profesi guru (JIPG), 2(2), 111-116.

Lestari, S. R., Saleh, A. R., & Muchtar, M. (2023). Penggunaan media pembelajaran berbasis game Wordwall untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar biologi peserta didik kelas XI SMA. Jurnal Pemikiran dan Pengembangan Pembelajaran, 5(3), 399-407.

Mahian, O., & Lam, S. S. (2021). Machine learning technology in biodiesel research: Areview. Progress in Energy and Combustion Science, 85, 100904.

Mustikaningrum, D. K., Hartiwi, A., & Indrawati, I. (2019). Penggunaan Media Video Berbasis Fenomena Alam Terhadap Hasil Belajar Peserta didik Dalam Pembelajaran Perubahan Wujud Zat Di SMP. FKIP e-PROCEEDING, 4(1), 8-13.

Nabilah, N. P., & Warmi, A. (2023). Penggunaan Media Pembelajaran Berbasis Website Wordwall Games terhadap Motivasi Belajar Matematika di Kelas VIII SMPN 2 Jalancagak. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Nusantara, 4(2), 1454-1464.

Nisa, M. A., & Susanto, R. (2022). Pengaruh Penggunaan Game Edukasi Berbasis Wordwall Dalam Pembelajaran Matematika Terhadap Motivasi Belajar. JPGI (Jurnal Penelitian Guru Indonesia), 7(1), 140.

Nissa, S. F., & Renoningtyas, N. (2021). Penggunaan Media Pembelajaran Wordwall Untuk MeningkatkanMinat Dan Motivasi Belajar Peserta didik Pada Pembelajaran Tematik Di Sekolah Dasar. Edukatif?: Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(5), 2854–2860.

Pamungkas, Z. S., Randriwibowo, A., Wulansari, L. N. A., Melina, N. G., & Purwasih, A. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Wordwall Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Kelas VII SMP Negeri 4 Gunung Sugih. Social Pedagogy: Journal of Social Science Education, 2(2), 135-148.

Permana, S. P., & Kasriman, K. (2022). Pengaruh media pembelajaran Wordwall terhadap motivasi belajar IPS kelas IV. Jurnal Basicedu, 6(5), 7831-7839.

Pinta, A. R., Karim, H. A., & Trisna, L. (2024). Implementasi Penggunaan Media Wordwall Pada Mata Pelajaran Pai Untuk Meningkatkan Motivasi Dan Minat Belajar Siswa di SMPN 3 Kecamatan Guguak. Ta'rim: Jurnal Pendidikan dan Anak Usia Dini, 5(1), 126-134.

Pradani, T. G. (2022). Penggunaan media pembelajaran wordwall untuk meningkatkan minat dan motivasi belajar peserta didik pada pembelajaran IPA di Sekolah Dasar. Educenter: Jurnal Ilmiah Pendidikan, 1(11), 806-811.

Purnasari, P. D., & Sadewo, Y. D. (2020). Pemanfaatan teknologi dalam pembelajaran sebagai upaya peningkatan kompetesnsi pedagogik. Publikasi Pendidikan, 10(3), 189-196.

Putra, S. D., Aryani, D., & Ariessanti, H. D. (2021). Pemanfaatan Aplikasi Gamifikasi Wordwall Di Era Pandemi Covid-19 Untuk Meningkatkan Proses Pembelajaran Daring. Terang, 4(1), 83–90.

Salsabila, A., Mulyana, D., & Cahyono, C. (2023). Pengaruh Media Wordwall terhadap Motivasi Belajar Peserta Didik pada Mata Pelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan. Pelita: Jurnal Kajian Pendidikan dan Pembelajaran Indonesia, 3(2), 42-51.

Sitohang, T., Simanjuntak, E. D. Y., Samosir, S. E., Panggabean, M. F., & Simanjuntak, S. E. (2024). Penggunaan Website Wordwall Sebagai Media Pembelajaran Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa di SMK Bima Utomo. Kegiatan Positif : Jurnal Hasil Karya Pengabdian Masyarakat, 2(1), 11-24.

Suhaeni, A., Bustan, B., & Sudirman, I. (2023). Media Kuis Aplikasi Word Wall dalam meningkatkan Hasil Belajar Murid pada Pelajaran Sejarah di SMA Negeri 7 Makassar : Jurnal Pemikiran Dan Pengembangan Pembelajaran, 5(2), 767-775.

Sukma, K. I., & Handayani, T. (2022). Pengaruh Penggunaan Media Interaktif Berbasis Wordwall Quiz Terhadap Hasil Belajar Ipa Di Sekolah Dasar : Jurnal Cakrawala Pendas, 8(4), 1020-1028.

Swiyadnya, IMG, Wibawa, IMC, & Sudiandika, IKA (2021). Efektivitas Model Berbasis MasalahPembelajaran Berbantuan LKPD Terhadap Hasil Belajar Pembelajaran IPA : Mimbar PGSD Undiksha , 9 (2), 203-210.

Tanama, J., Degeng, I. N. S. and Sitompul, N. C. (2023). Pengembangan E-Modul Sejarah Indonesia dengan Aplikasi Canva untuk Meningkatkan Semangat Belajar Peserta didik Kelas XI SMA. Jurnal Teknologi Guruan : Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pembelajaran, 8(1), pp. 71-83.

Utami, F., Sheftyawan, W. B., Pratama, A. Y., & Supriadi, B. (2023). Penggunaan media pembelajaran aplikasi wordwall untuk meningkatkan motivasi belajar peserta didik pada pembelajaran fisika di SMA : Jurnal Pembelajaran Fisika, 12(2), 61-67.

Yuniati, R., Fajariyanti, N., Fahrana, D. N., Mandalawati, N. E., Andrawaty, S., & Nurpida, A. (2024). Efektivitas Model Pembelajaran Problem Based Learning Berbantuan LKPD Materi Zat dan Perubahannya Terhadap Hasil Belajar Kognitif Peserta didik SMP Kelas VII. INKUIRI : Jurnal Pendidikan IPA, 13(1), 28-35.

Zahro, N. A. Q. (2023). Penggunaan Media Pembelajaran Wordwall untuk Meningkatkan Minat dan Motivasi Belajar Siswa : Abdima Jurnal Pengabdian Mahasiswa, 2(2), 6596-6604.

Zukhri, M. E., & Anwar, K. (2024). Penerapan Pbl Berbasis Interaktif Word Wall Untuk Meningkatkan Motivasi Dan Minat Hasil Belajar Bahasa Indonesia Siswa Kelas 5 Sdn 32 Gresik. Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 9(2), 5945-5951.