Systematic Literature Review (SLR): Pendekatan Problem-Based Learning sebagai Solusi Peningkatan Pemahaman Konsep pada Siswa SMA Kelas XI pada Materi Konsep Derivatif

Isi Artikel Utama

Muhammad Fikar Dzulfiansyah
Rida Niswatul Azimah
Dinda Jarisma
Ul'fah Hernaeny

Abstrak

This study examines the application of the Problem-Based Learning (PBL) approach in improving understanding of mathematical concepts, especially in the material of function derivatives, among grade XI high school students. Based on the results of research recorded in various studies, the application of the PBL model has proven effective for improving conceptual understanding and student learning outcomes. In addition, other studies also show that PBL not only improves conceptual understanding, but also problem-solving skills, critical thinking, and collaboration between students. The application of this model in various contexts, either with concrete media, bold learning, or with technology-based modifications, results in increased student engagement and helps them to be more active in the learning process. PBL also has a positive impact on increasing learning interest, communication skills, and mathematical representation, which shows the success of this model in improving the quality of mathematics learning. Thus, the application of PBL can be an effective learning method in improving the quality of learning, conceptual understanding, and student skills in mathematics subjects, especially in materials that require in-depth understanding such as the concept of function derivatives.

Rincian Artikel

Cara Mengutip
Dzulfiansyah, M. F., Azimah, R. N., Jarisma, D., & Hernaeny, U. (2025). Systematic Literature Review (SLR): Pendekatan Problem-Based Learning sebagai Solusi Peningkatan Pemahaman Konsep pada Siswa SMA Kelas XI pada Materi Konsep Derivatif. Nusantara Journal of Education and Social Science, 2(2), 37-45. https://doi.org/10.69959/nujess.v2i2.109
Bagian
Artikel
Biografi Penulis

Muhammad Fikar Dzulfiansyah, Universitas Indraprasta PGRI

Jalan Raya Tengah No. 80, RT.9/RW.8, Gedong, Pasar Rebo, RT.1/RW.3, Jakarta Timur, 13760

Rida Niswatul Azimah, Universitas Indraprasta PGRI

Jalan Raya Tengah No. 80, RT.9/RW.8, Gedong, Pasar Rebo, RT.1/RW.3, Jakarta Timur, 13760

Dinda Jarisma, Universitas Indraprasta PGRI

Jalan Raya Tengah No. 80, RT.9/RW.8, Gedong, Pasar Rebo, RT.1/RW.3, Jakarta Timur, 13760

Ul'fah Hernaeny, Universitas Indraprasta PGRI

Jalan Raya Tengah No. 80, RT.9/RW.8, Gedong, Pasar Rebo, RT.1/RW.3, Jakarta Timur, 13760

Referensi

Arantini, A., Tindangen, M., & Rizki, N. A. (2024). Penerapan Pembelajaran Berdiferensiasi Untuk Meningkatkan Keterlibatan Siswa Kelas X SMKS GKE Agri Karya Bakti Dalam Pembelajaran Matematika Konten Barisan Aritmatika Dan Geometri Tahun Ajaran 2023/2024. Jurnal Inovasi Refleksi Profesi Guru, 1(1), 15-20.

Ariati, L., Budiyono, B., & Sari Saputro, D. R. (2016). Eksperimentasi Model Pembelajaran PBL, Jigsaw dan Stad Terhadap Pemahaman Konsep dan Pemecahan Masalah Matematika. Ditinjau dari Adversity Quotient (Aq) Siswa. Journal of Mathematics and Mathematics Education, 6(2), 106–119. https://doi.org/10.20961/jmme.v6i2.10052

Aryani, D., Mayadi, S., & Endriana, N. (2023). Implementasi Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Pada Mata Pelajaran Matematika. Jsn: Jurnal Sains Natural, 1(3), 70-75.

Astindari, T., & Noervadila, I. (2019). Penerapan Problem Based Learning (PBL) Guna Meningkatkan Hasil Belajar Mata Pelajaran Matematika Kelas X Semester Ganjil Di SMK Negeri 2 Situbondo Tahun Pelajaran 2018/2019. Edusaintek?: Jurnal Pendidikan, Sains Dan Teknologi, 6(2), 15–24. https://doi.org/10.47668/edusaintek.v6i2.25

Efendi, B. M. S., & Insani, N. (2024). Implementasi E-Modul Berbantuan Google Sites dengan Model PBL dalam Pembelajaran IPS untuk Meningkatkan Minat dan Hasil Belajar Peserta Didik. Jurnal Riset dan Inovasi Pembelajaran, 4(1), 402-416.

Fitria, D., Wahyudi, & Salimi, M. (2023). Penerapan Model Problem-Based Learning (PBL) dengan Media Konkret untuk Meningkatkan Pembelajaran Matematika tentang Pecahan pada Siswa Kelas III A SD Negeri Kalipuru Tahun Pelajaran 2022/2023. Kalam Cendekia: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 11(3), 1047-1052. https://doi.org/10.20961/jkc.v11i3.74606

Hmelo-Silver, C. E. (2004). Problem-Based Learning: What and How Do Students Learn?. Educational Psychology Review, 16(3), 235–266. https://doi.org/10.1023/B:EDPR.0000034022.16470.f3

Indirayanti, P. P., & Purwati, N. K. R. (2024). Implementasi Pembelajaran Berdiferensiasi Gaya Belajar Menggunakan Model Problem Based Learning (PBL) dalam Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas XI di SMA Negeri 2 Mengwi. Jurnal Pembelajaran dan Pengembangan Matematika, 4(2), 1-12.

Kadir, P. W., Suharti, S., & Hasrianti, A. (2024). Problem Based Learning dalam Pembelajaran Matematika: Upaya Peningkatan Minat dan Prestasi Belajar Peserta Didik. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Patikala, 3(3), 906-917.

Kurniawan, B., Dwikoranto, D., & Marsini, M. (2023). Implementasi problem based learning untuk meningkatkan pemahaman konsep siswa: Studi pustaka: Implementation of problem based learning to improve students’ concept understanding: Literature review. Practice of The Science of Teaching Journal: Jurnal Praktisi Pendidikan, 2(1), 27–36. https://doi.org/10.58362/hafecspost.v2i1.28

Kurniawan, D., & Sabaruddin, S. (2024). Analisis Perbandingan Penerapan Model PjBL (Project Based Learning) dengan PBL (Problem Based Learning) dalam Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik pada Pembelajaran Fisika. Intelektualita, 12(2).

Lembang, S. T., Sriwahyuningrum, A., Hernaeny, U., Nurhayati, N., Indrawati, F., Fitrian, A., Taubah, R., Indrayana, I. P. T., Sudirman, S., Seruni, S., Noor, I., Safitri, P. T., Purbaningrum, K. A., & Setiawan, J. (2022). Kalkulus Diferensial. Media Sains Indonesia. Bandung: Media Sains Indonesia.

Lestari, W., Pratama, L. D., & Sulistiowati, L. (2021). Efektifitas pembelajaran berbasis m-PBL dalam menunjang pembelajaran matematika secara daring. Jurnal Magister Pendidikan Matematika (JUMADIKA), 3(1), 35-44.

Maharaj, A. (2013). An APOS analysis of natural science students' understanding of derivatives. South African Journal of Education, 33(1), 1-19.

Masitoh, L. F., & Prabawanto, S. (2016). Peningkatan Pemahaman Konsep Matematika dan Kemampuan Berfikir Kritis Matematis Siswa Kelas V Sekolah Dasar Melalui Pembelajaran Eksploratif. EduHumaniora: Jurnal Pendidikan Dasar, 7(2), 186-197.

Mayasari, A., Arifudin, O., & Juliawati, E. (2022). Implementasi Model Problem Based Learning (PBL) Dalam Meningkatkan Keaktifan Pembelajaran. Jurnal Tahsinia, 3(2), 167-175.

Moiyo, Y., Buhungo, T. J., & Abdjul, T. (2024). Analisis Keefektifan Perangkat Pembelajaran Model Problem Based Learning (PBL) Berbantuan Video Pembelajaran Materi Fluida Statis. Jurnal Jendela Pendidikan, 4(02), 125-132.

Nissa, A. D. A., & Mahmudi, A. (2022). Analisis Kemampuan Penalaran Aljabar Siswa dengan model pembelajaran masalah (PBL) dalam menyelesaikan masalah matematika. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 11(2), 1400-1410.

Nurbiah, N., Syafi'i, A.I., & Fahril, F. (2023). Mplementasi Model Problem Based Learning (Pbl) Berbantuan Alef Education Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran Matematika Tema Himpunan Di Mts As’adiyah Uloe. Educandum.

Rahman, R. R. (2022). Turunan Matematika SMA. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

Rahmat, R., Rukli, R., & Saleh, S. F. (2023). Perbandingan Model Pembelajaran Resik dengan Pembelajaran PBL terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 7(5), 3299-3308.

Ramadhan, F., Haryono, Y., & Hamdunah. (2019). Pengembangan Lembar Kegiatan Siswa (LKS) Berbasis Problem Based Learning (PBL) pada Materi Turunan Fungsi untuk Siswa Kelas XI SMA PGRI 3 Padang. Jurnal Pelangi – Volume 10 , Nomor 1 , 2017 Keywords: LKS , Problem Based Learning ( PBL ), Functional de. 10, 179–184.

Rohmatulloh, R., Novaliyosi, N., Nindiasari, H., & Fatah, A. (2022). Integrasi Media Pembelajaran pada Penerapan Problem Based Learning (PBL) dalam Pembelajaran Matematika. Edukatif?: Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(4), 5544–5557. https://doi.org/10.31004/edukatif.v4i4.3249

Sari, S. M. (2020). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dalam Pembelajaran Matematika di SMA. 2507(February), 1–9.

Setiarani, S., Alpian, Y., & Anwar, A. S. (2022). Penerapan Model PBL dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas III SD. BUANA ILMU, 7(1), 246-257.

Sipahutar, C. (2022). Penerapan model pembelajaran problem based learning (PBL) dalam blended learning untuk meningkatkan kemampuan kolaborasi, keterampilan berpikir kritis, dan penguasaan konsep matematika kelas IV sekolah dasar xyz Jakarta. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 7(2), 1119-1133.

Suhendar, U., & Ekayanti, A. (2018). Problem Based Learning Sebagai Upaya Peningkatan Pemahaman Konsep Mahasiswa. Jurnal Dimensi Pendidikan dan Pembelajaran, 6(1), 15–19. https://doi.org/10.24269/dpp.v6i1.815

Sutrisno, A. B., & Syukur, S. W. (2023). Desain Pedagogis Pembajaran Project Based Learning (PBL) dalam Pendidikan Seni STEAM. Jurnal Pelita: Jurnal Pembelajaran IPA Terpadu, 3(2), 130-143.

Syamsidah, & Suryani, hamidah. (2022). Model Problem Based Learning (PBL) Problem. Setya Wacana, 12(2004), 6–25.

Tall, D. (2013). How Humans Learn to Think Mathematically: Exploring the Three Worlds of Mathematics. Cambridge University Press. https://books.google.co.id/books?id=I6q4V-QDTPMC