Deskripsi Pemahaman Konsep Matematis Mahasiswa Berdasarkan Teori APOS Dalam Perkuliahan Daring Materi Turunan Description of Understanding Student Mathematical Concepts Based on APOS Theory in Online Lectures Derivative Material

Isi Artikel Utama

Mia Fitria
Williza Yanti
Farid Hidayat

Abstrak

Perkuliahan yang dilakukan secara daring tetap menuntut mahasiswa untuk bisa memahami konsep dengan segala keterbatasan yang ada. Pendeskripsian tentang pemahaman konsep mahasiswa yang dilakukan pada penelitian ini menggunakan teori Apos yaitu aksi, proses, objek, dan skema. Hasil dari penelitian ini diharapkan dapat memberikan gambaran atau deskripsi tentang pemahaman konsep mahasiswa berdasarkan teori APOS pada materi turunan. Penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Instrumen utama pada penelitian ini adalah peneliti sendiri dan instrumen pendukung adalah soal tes tentang materi turunan dan pedoman wawancara. Subjek penelitian adalah mahasiswa yang mengambil mata kuliah Matematika dari Program Studi Administrasi Rumah Sakit di STIKES Intan Martapura. Hasil penelitian ini adalah mahasiswa yang memenuhi semua tahap APOS ada pada kelompok dengan kemampuan tinggi sebanyak tiga orang. Tahap proses dan objek tidak satupun dipenuhi oleh kelompok kemampuan rendah. Tahap skema tidak satupun dipenuhi oleh kelompok kemampuan sedang dan rendah.

Rincian Artikel

Cara Mengutip
Fitria, M., Yanti, W., & Hidayat, F. (2024). Deskripsi Pemahaman Konsep Matematis Mahasiswa Berdasarkan Teori APOS Dalam Perkuliahan Daring Materi Turunan: Description of Understanding Student Mathematical Concepts Based on APOS Theory in Online Lectures Derivative Material. Nusantara Journal of Education and Social Science, 1(1), 25-31. https://doi.org/10.69959/nujess.v1i1.17
Bagian
Artikel

Referensi

Afgani, M. W., Suryadi, D., & Dahlan, J. A. (2017). Analysis of Undergraduate Students’ Mathematical Understanding Ability of The Limit Of Function Based on APOS Therory Perspective. International Conference on Mathematics and Science Education (ICMScE) IOP Conf. Series: Journal of Physics: Conf. Series 895 (2017) 012056 (hal. 1-7). IOP Publishing.

Afri, L. E. (2018). Profil Pemahaman Mahasiswa Pendidikan Matematika FKIP UPP Tentang Konsep Dasar Persamaan Diferensial Biasa. Jurnal ABSIS : Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika, 35-42.

Dubinsky, E., & McDonald, M. (2001). APOS: A Constructivist Theory of Learning in Undergraduate Mathematics Education Research. Dalam N. I. Series, Teaching and Learning of Mathematics at Univesity Level (hal. 275-282). Switzerland: Springer, Dordrecht.

Febriana, C., & Budiarto, M. T. (2012). Profil Kemampuan Siswa SMA Dalam Menyelesaikan Soal Fungsi Kuadrat Berdasarkan Teori APOS Ditinjau Dari Perbedaan Kemampuan Matematika. FMIPA UNESA, 1-7.

Fitria, M. (2020). Kemampuan Pemahaman Konsep Mahasiswa dalam Penyelesaian Soal Integral Berdasarkan Teori APOS. DE_JOURNAL (Dharmas Education Journal), 1, 48-54. doi:https://doi.org/10.56667/dejournal.v1i1.59

Hartati, L. (2019). Analisis Kemampuan Pemahaman Matematis Mahasiswa pada Mata Kuliah Kalkulus Berdasarkan Teori APOS. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan KALUNI (hal. 174-183). Jakarta: LPPM Universitas Indraprasta PGRI. doi:http://dx.doi.org/10.30998/prokaluni.v2i0.57

Masitoh, I., & Prabawanto, S. (2015). Peningkatan Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika dan Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa Kelas V Sekolah Dasar Melalu Pembelajaran Eksploratif. EduHumaniora : Jurnal Pendidikan Dasar, 186-197.

Mawaddah, S., & Maryanti, R. (2016). Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa SMP dalam Pembelajaran Menggunakan Model Penemuan Terbimbing (Discovery Learning). EDU-MAT Jurnal Pendidikan Matematika, 76 - 85.

Nafi'an, M. I., Hayuhantika, D., & Afifah, D. S. (2017). Kemampuan Mahasiswa PGSD dalam Mengonstruksi Pemahaman Konsep Aljabar Berdasarkan Teori APOS. Jurnal Refleksi Edukatika, 74-79.

Natalia, S. S., Sujatmiko, P., & Chrisnawati, E. H. (2017). Analisis Tingkat Pemahaman Siswa Berdasarkan Teori Apos Pada Materi Persamaan Kuadrat Ditinjau Dari Minat Belajar Siswa Kelas X Sma Negeri 2 Surakarta Tahun Ajaran 2015/2016. Jurnal Pendidikan Matematika dan Matematka, 104-117.

Pemu, N. (2017). Dipetik Januari 2024, dari e-prints Respository Software Universitas Negeri Makasar: http://eprints.unm.ac.id/9102/1/konsep%20matematika%20Nasrullah.pdf

Rahmawati, N. D., & Roesdiana, L. (2022, Maret). ANALISIS KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP ANALISIS KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP FUNGSI ALJABAR. JES-MAT, 8(1), 17-32. Dipetik Januari 2024, dari https://journal.uniku.ac.id/index.php/JESMath/article/download/5579/2989

Rosali, D. F., Talib, & Asdar. (2019). Deskripsi Kemampuan Pemahaman Konsep Turunan Berdasarkan Teori APOS pada Siswa Kelas XII SMA. IMED, 49-57. doi:https://doi.org/10.35580/imed10735

Sholihah, U., & Mubarok, D. A. (2016). Analisi Pemahamn Integral Tak Tentu Berdasarkan Teori Apos(Action, Process, Object, Scheme) pada mahasiswa Tadris Matematika (TMT) IAIN Tulungagung. Cendekia, 123-136.

Utari, R. S., & Utami, A. (2020). Kemampuan Pemahaman Konsep dalam Mengidentifikasi Penyelesaian Soal Integral Tak Tentu dan Tentu. Jurnal Pendidikan Matematika, 39-50.

Winarsih, M., & Mampouw, H. L. (2019). Profil Pemahaman Himpunan oleh Siswa Berdasarkan Perbedaan Kemampuan Matematika Ditinjau dari Teori Apos. Mosharafa : Jurnal Pendidikan Matematika, 249-260.

Yulianah, L., Ni'mah, K., & Rahayu, D. (2020). Analisis Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika Siswa Berbantuan Media Schoology. Jurnal Derivat, 39-45.