Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Berbasis Aplikasi Web Powtoon Terhadap Hasil Belajar Siswa pada Materi Aritmetika Sosial Kelas VII MTs-SA Darussalim Bati-Bati
Isi Artikel Utama
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengaruh penggunaan media pembelajaran berbasis aplikasi web Powtoon terhadap hasil belajar siswa kelas VII pada materi bahasan barisan dan deret aritmetika di MTs-SA Darussalim Bati-Bati. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII sebanyak 48 siswa yang terdistribusi dalam dua kelas. Sampel penelitian ini adalah 48 siswa yang terbagi menjadi kelas eksperimen yakni kelas VII-A sejumlah 24 orang dan kelas kontrol (VII-B) sejumlah 24 orang yang diambil dengan Teknik purposive sampling Maksimal (maximum variation sampling). Adapun jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif kuasi eksperimen menggunakan desain nonequivalent control group dalam bentuk pretest dan posttest yang menggunakan dua kelas sampel penelitian. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui hasil observasi dan tes. Pretest diberikan sebelum perlakuan untuk mengukur pemahaman awal siswa sedangkan posttest diberikan setelah diberikan perlakuan untuk mengukur pemahaman akhir siswa. Teknik analisis data hasil belajar siswa dengan menggunakan uji statistik One-Way ANOVA (Analysis of Variance). Hasil uji ANOVA Nilai signifikansi yang diperoleh (0,0001) jauh lebih kecil dari tingkat signifikansi yang umum digunakan (alpha = 0,05). Artinya, terdapat perbedaan yang signifikan antara hasil belajar siswa pada kedua kelompok. Dengan demikian, pembelajaran berbasis aplikasi Powtoon memberikan dampak yang positif dalam meningkatkan prestasi belajar siswa dibandingkan dengan pembelajaran konvensional.
Rincian Artikel

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Referensi
Anderson, L. W., & Krathwohl, D. R. (2001). A Taxonomy for Learning, Teaching, and Assessing: A Revision of Bloom’s Taxonomy of Educational Objectives: Complete Edition. Addison Wesley Longman, Inc. https://eduq.info/xmlui/handle/11515/18824
Beautemps, J., Bresges, A., & Becker-Genschow, S. (2025). Enhancing Learning Through Animated Video: An Eye-Tracking Methodology Approach. Journal of Science Education and Technology, 34(1), 148–159. https://doi.org/10.1007/s10956-024-10162-4
Berney, S., & Bétrancourt, M. (2016). Does Animation Enhance Learning? A Meta-Analysis. Computers & Education, 101, 150–167. https://doi.org/10.1016/j.compedu.2016.06.005
Creswell, J. W., & Creswell, J. D. (2017). Research Design: Qualitative, Quantitative, and Mixed Methods Approaches. Sage publications. https://books.google.com/books?hl=en&lr=&id=335ZDwAAQBAJ&oi=fnd&pg=PT16&dq=Research+Design:+Qualitative,+Quantitative,+and+Mixed+Methods+Approaches&ots=YExTMKvooM&sig=NEYpwBbmj25_pmSIyFAKumc7nOg
Fraenkel, J., Wallen, N., & Hyun, H. (2006). How to Design and Evaluate Research in Education 10th ed. McGraw-Hill Education. https://srinfo.sulross.edu/hb2504/uploads/syllabi/202330/KINE_5305_2W1.pdf
Gronlunds, N. E. (2018). Measurement and Assessment in Teaching. Pakistan Journal of Educational Research and Evaluation (PJERE), 5(2), 77–80.
Hattie, J. A. C. (2009). Visible Learning: A synthesis of Over 800 Meta-Analyses Relating to Achievement. Routledge.
Hattie, J., & Timperley, H. (2007). The Power of Feedback. Review of Educational Research, 77(1), 81–112. https://doi.org/10.3102/003465430298487
Lin, L., & Atkinson, R. K. (2011). Using Animations and Visual Cueing to Support Learning of Scientific Concepts and Processes. Computers & Education, 56(3), 650–658. https://doi.org/10.1016/j.compedu.2010.10.007
Mayer, R. E. (2002). Multimedia learning. The Annual Report of Educational Psychology in Japan, 41, 27–29.
Mayer, R. E., & Moreno, R. (2003). Nine Ways to Reduce Cognitive Load in Multimedia Learning. Educational Psychologist, 38(1), 43–52. https://doi.org/10.1207/S15326985EP3801_6
Mishra, P., & Koehler, M. J. (2006). Technological Pedagogical Content Knowledge: A Framework for Teacher Knowledge. Teachers College Record: The Voice of Scholarship in Education, 108(6), 1017–1054. https://doi.org/10.1111/j.1467-9620.2006.00684.x
Moreno, R., & Mayer, R. (2007). Interactive Multimodal Learning Environments: Special Issue on Interactive Learning Environments: Contemporary Issues and Trends. Educational Psychology Review, 19(3), 309–326. https://doi.org/10.1007/s10648-007-9047-2
Moreno, R., & Mayer, R. E. (2000). A Coherence Effect in Multimedia Learning: The Case for Minimizing Irrelevant Sounds in the Design of Multimedia Instructional Messages. Journal of Educational Psychology, 92(1), 117–125. https://doi.org/10.1037/0022-0663.92.1.117
Roblyer, M. D., & Doering, A. H. (2014). Integrating Educational Technology Into Teaching. Pearson Harlow. https://allencc.simplesyllabus.com/api2/doc-pdf/c1wj3yjov/FA24-EDU-211-ZA-.pdf
Roorda, D. L., Koomen, H. M. Y., Spilt, J. L., & Oort, F. J. (2011). The Influence of Affective Teacher–Student Relationships on Students’ School Engagement and Achievement: A Meta-Analytic Approach. Review of Educational Research, 81(4), 493–529. https://doi.org/10.3102/0034654311421793
Ryan, R. M., & Deci, E. L. (2000). Intrinsic and Extrinsic Motivations: Classic Definitions and New Directions. Contemporary Educational Psychology, 25(1), 54–67. https://doi.org/10.1006/ceps.1999.1020
Siregar, S. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif: Dilengkapi dengan Perbandingan Perhitungan Manual dan SPSS. https://lib.stialan.ac.id/index.php?p=show_detail&id=7330&keywords=
Sweller, J., Van Merriënboer, J. J. G., & Paas, F. (2019). Cognitive Architecture and Instructional Design: 20 Years Later. Educational Psychology Review, 31(2), 261–292. https://doi.org/10.1007/s10648-019-09465-5
Wattimena, A. W. (2021). Efektivitas Model Pembelajaran Role Playing Terhadap Hasil Belajar Pada Materi Aritmatika Sosial Siswa Kelas VII PPS Ishaka Ambon [Undergraduate Thesis, IAIN Ambon]. http://repository.iainambon.ac.id/id/eprint/1914
Wubbels, T., Brok, P. D., Tartwijk, J. V., & Levy, J. (2012). Interpersonal Relationships in Education. SensePublishers. https://doi.org/10.1007/978-94-6091-939-8